Senin, 20 Maret 2017

Sekilas Ekonomi Islam




Ekonomi Islam
Ekonomi Islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama Islam dan didasari Tauhid, sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun islam.Sistem Ekonomi islam merupakan solusi perekonomian di dunia.
Dalam menerapkan sistem Ekonomi Islam ada Prinsip prinsip dasar ajaran islam yang bersumber pada AlQur’an dan Hadist.Berikut Prinsip Dasar Ekonomi Islam:
1.Kepemilikan Pribadi dan batasnya
2.Kedilan distribusi
3.Hak-hak sosial
4.Zakat
5.Hukum waris
6.Peranan tenaga kerja, modal dan pengelolaan
7.Kesejaheteraan sosial
8.Ekonomi bebas riba
9.Hubungan antara ekonomi, politik, dan aturan sosial.
Dari Prinsip diatas dijelaskan bahwa ekonomi islam sangat memegang aspek aspek sosial yang diterapkan dalam islam. Ciri dari Prinsip Ekonomi islam yaitu bahwa prinsip ini tidak berubah ataupun berganti, serta cocok untuk setiap saat dan dimanapun tempatnya,tanpa peduli dengan tingkat kemajuan ekonomi dalam masyarakat. Dan juga Bangunan perekonomian yang kita dirikan diatas landasan dasar dasar tersebut sesuai dengan lingkungan dan masa. Oleh karena itu penyesuaian atau penyelesaian masalah ekonomi di negara yang menerapkan sistem ekonomi islam harus sesuai dengan prinsip dan dasar tersebut.
Tapi dinegara negara islam penerapan ekonomi islam semakin memudar. Hal itu disebabkan banyak negara negara besar yang menerapkan sistem ekonomi konvensional sehingga masyarakat muslim justru bercondong terhadap penerapan ekonomi konvensional, padahal penerapan sistem konvensional bertolak balik pada penerapan ekonomi islam, ekonomi konvensional tidak berlandaskan pada Alquran dan hadist sedangkan dalam ekonomi islam sangat berlandaskan pada Alquran dan hadist.Tak hanya itu penyebab memudarnya penerapan ekonomi islam dalam masyarakat muslim. Ada penyebab lain yaitu seperti Minimnya kebutuhan, Stagnasi pemikiran ,perang eksternal,Kemajuan Industri Eropa dan Amerika .
Jadi kesimpulannya umat islam harus mewujudkan keislamannya dalam segala aspek kehidupan, termasuk kehidupan ekonomi. Karena sesungguhnya, umat islam sudah mempunyai sistem ekonomi tersendiri yantu Ekonomi islam, dimana garis besar nya telah digambarkan secara utuh dalam Alquran dan hadist. Wajarlah kita sebagai umat muslim melakukan aktivitas ekonomi sesuai aturan dan kaidah islam. Perkembangan ekonomi saat ini memang sangat luar biasa , sehingga umat islam harus proaktif dalam menghadapi masalah ekonomi melalui konsep muamalah dengan nilai nilai yang ada dalm alquran dan hadist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Stabilitas Sistem Keuangan

Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Perekonomian Suatu Negara M.QURRI AIN THOHARI (1505026031) FAKULTAS EKONOMI DAN ...