Selasa, 18 April 2017

Human Development Index (HDI) Negara Maju dan Berkembang



Human Development Index (HDI) Negara maju dan berkembang

HDI adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. HDI digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara termasuk negara maju, negara berkembang, atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijakan ekonomi terhadap kualitas hidup. 
HDI merupakan salah satu indeks yang berguna untuk memusatkan perhatian pada aspek kualitas dari pembangunan dan berguna bagi negara-negara dengan skor HDI yang relatif rendah untuk melihat kembali variabel-variabel nutrisi, kesehatan, dan pendidikan.
HDI mengukur pencapaian rata-rata sebuah Negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia
a.       Hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup saat kelahiran
b.      Pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca-tulis pada orang dewasa (bobot dua per tiga) dan kombinasi pendidikan dasar, menengah, dan atas (bobotnya satu per tiga.
c.       Standar kehidupan yang layak diukur dengan logaritma natural dari Produk Domestik Bruto (PDB) perkapita dalam paritasi daya beli.
Nilai HDI suatu negara atau wilayah menunjukkan seberapa jauh negara atau wilayah itu telah mencapai sasaran yang ditentukan yaitu angka harapan hidup 85 tahun, pendidikan dasar bagi semua lapisan masyarakat (tanpa kecuali), dan tingkat pengeluaran dan konsumsi yang telah mencapai standar hidup yang layak. Semakin dekat nilai HDI suatu wilayah terhadap angka 100, semakin dekat jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sasaran itu.
Berdasarkan ketiga indikator tersebut, ditetapkan tiga kelompok negara:
1.      Negara dengan tingkat pembangunan manusia yang rendah bila HDI-nya  berkisar antara 0 sampai 50. Negara yang masuk kategori ini sama sekali atau kurang memperhatikan pembangunan manusia.
2.      Negara dengan tingkat pembangunan manusia sedang jika HDI-nya berkisar antara 51 sampai 79. Negara yang masuk dalam kategori ini mulai memperhatikan pembangunan sumber daya manusianya
3.      Negara dengan tingkat pembangunan manusia tinggi jika HDI-nya berkisar antara 80 sampai 100. Negara yang masuk dalam kategori ini sangat memperhatikan pembangunan sumber daya manusianya.
Karena hanya mencakup tiga komponen, maka HDI harus dilihat sebagai penyederhanaan dari realitas yang kompleks dari luasnya dimensi pembangunan manusia. Oleh karena itu, pesan dasar HDI perlu dilengkapi dengan kajian dan analisis yang dapat mengungkapkan dimensi-dimensi pembangunan manusia yang penting lainnya (yang tidak seluruhnya dapat diukur) seperti kebebasan politik, kesinambungan lingkungan, kemerataan antar generasi.
HDI Negara berkembang menunjukkan bahwa suatu Negara yang tingkat kemajuan ekonomi standar hidup masih rendah,industri belum berkembang, pembangunan manusia masih tergolong menengah kebawah, dan pendapatan perkapita yang rendah.
Kriteria Negara berkembang antara lain
a.       Jumlah dan tingkat pertumbuhan penduduk besar serta penyebaran kurang merata
b.      Kualitas penduduk masih rendah
c.       Teknologi masih belum berkembang
d.      Industri belum berkembang. Perekonomian Negara masih didominasi ileh sektor agraris
e.       Pengelolaan sumber daya alam masih kurang maksimal.
Sedangkan Negara Maju adalah Negara yang memiliki standar hidup yang relatif tinggi melalui Teknologi yang canggih serta memiliki tingkat ekonomi yang merata. Kriteria-kriteria umum yang digunakan untuk menentukan apakah sebuah Negara dapat disebut dengan Negara Maju adalah Pendapatan Domestik Bruto (PDB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Per Kapita serta Infrastruktur, taraf standar hidup dan juga tingkat Industrialisasinya. HDI dapat digunakan untuk mengukur Standar hidup, pendidikan dan harapan hidup suatu negara, Indeks HDI ini juga merupakan salah satu faktor yang menentukan suatu Negara apakah masuk ke kategori Negara Maju atau Negara Berkembang.
Berikut daftar Negara maju dengan pendapatan perkapita tertinggi :
1
Amerika Serikat
US$ 57.300,-
2
Andora
US$ 37.200,-
3
Australia
US$ 48.800,-
4
Austria
US$ 47.900,-
5
Belgia
US$ 44.900,-

2 komentar:

Artikel Stabilitas Sistem Keuangan

Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Perekonomian Suatu Negara M.QURRI AIN THOHARI (1505026031) FAKULTAS EKONOMI DAN ...