Selasa, 18 April 2017

Review Jurnal Teori Pembangunan Dunia Ke-3



TEORI PEMBANGUNAN DUNIA KE-3 DALAM TEORI
MODERNISASI SUB TEORI HARROD-DOMAR(TABUNGAN DAN INVESTASI)
Teguh Imam Rahayu

     Dalam mengkaji pembangunan, maka teori modernisasi lah  yang paling menentukan wajah pembangunan. Teori modernisasi merupakan teori pembangunan yang berisi tahap-tahap yang harus dianut/diikuti Negara berkembang untuk dapat mencapai kemakmuran seperti Negara-negara maju. Teori modernisasi mempengaruhi (kesenjangan) masalah pembangunan di Negara-negara yang sedang berkembang.
        Selain itu, sekitar abad yang lalu terdapat teori pembagian kerja yang dianut secara internasional. Teori pembagian kerja menyatakan bahwa Negara harus melakukan spesialisasi produksi dengan keuntungan komparatif yang dimilikinya. Hal ini dicontohkan bahwa Negara-negara di katulistiwa  yang memiliki tanah yang subur, lebih baik melakukan spesialisasai di bidang pertanian. Sedangkan Negara-negara bagian utara melakukan spesialisasi bidang industri, karena iklimnya yang tidak cocok digunakan untuk pertanian. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan ongkos produksi dalam suatu Negara.
     Dari hal tersebut teori pembagian kerja berhasil memberi dampak positif dalam perdagangan internasional. Harga akan turun dan mencapai titik terendah apabila terjadi perdangan bebas. Namun seiring berjalannya waktu, Negara-negara industri semakin kaya, sedangkan Negara berkembang semakin miskin.
Selanjutnya untuk mengetahui teori-teori yang ada dalam pembangunan akan dijelaskan lebih jelas :

1.      Harrod Domar : Tabungan dan Investasi

      Teori ini menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh tingginya tabungan  dan investasi. Jika tabungan dan investasi masyarakat rendah,maka pertumbuhan ekonomi Negara tersebut juga rendah. Hal ini dapat dijumpai dinegara maju dan berkembang, masyarakat di Negara maju memiliki investasi yang tinggi dalam saham,reksadana,indeks dan investasi yang lain. Oleh karena itu peran investasi modal sangat berpengaruh dalam pembangunan perekonomian suatu Negara.

2.      Max Weber : Etika Protestan

      Teori Max Weber ini menyatakan bahwa agama dan pertumbuhan ekonomi itu saling terhubung. Alasannnya dalam etika protestan dijelaskan bahwa yang menentukan manusia masuk surga ataupun neraka adalah keberhasilannya selama di dunia. Apabila manusia melakukan karya yang bermanfaat luas maka dapat dipastika ia akan masuk surga. Hal tersebutlah yang menjadikan masyarakat protestan lebih bersemangat untuk berusaha dan mempunyai etos kerja yang tinggi. Oleh karenanya Kapitalisme sangat berhasil diterapkan di Negara-negara barat termasuk Negara yang mayoritas masyarakatnya mengimani etika protestan.

3.      David McClelland: Dorongan Berpestasi

       Teori ini menyatakan bahwa untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, maka yang perlu diubah adalah dorongan prestasi individu yang ada dalam masyarakat. Masyarakat yang mempunyai prestasi individu diharapkan bisa menularkan prestasinya untuk Negara yang ia tempati. Jika masyarakat mampu memberi dorongan prestasinya untuk Negara maka pertumbuhan ekonomi pun akan lebih tiggi.

4.      W.W. Rostow : Lima Tahap Pembangunan

Dalam mengkaji mengenai pembangunan, Rostow menjabarkan menjadi lima tahap:
a.       Masyarakat tradisional
b.      Prakonsi untuk lepas landas
c.       Lepas landas
d.      Bergerak ke kedewasaan
e.       Jaman konsumsi masal yang tinggi
        Melalui tahap tersebut,pertumbuhan ekonomi dapat dilihat apakah suatu Negara menjalakan proses tahapan pembangunan tersebut. Rostow menyebutkan bahwa Negara yang melindungi kepentingan usahawan untuk melakukakn akumuluasi modal, maka Negara tersebut sudah mulai menuju pertumbuhan yang tinggi.

5.      Bert F. Hoselitz: Faktor-faktor Non-Ekonomi

        Hoselitz berpendapat bahwa tak hanya faktor ekonomi saja yang penting, namun faktor non ekonomi juga tak kalah penting untuk pertumbuhan ekonomi. Faktor tersebut antara lain pemasokan tenaga ahli dan terampil. Bahwa dalam pertumbuhan ekonomi, diperlukan sebuah penyediaan tenaga terampil yang memadai, karena jika hanya didukung oleh modal dan investasi saja tanpa adanya SDM yang professional, maka proses pembangunan tidak akan berjalan lanacar. Selain itu Hoselitz menekankan pada aspek kelembagaan yang menopang pembangunan seperti lembaga pendidikan, mobilisasi modal. Dan dari faktor-faktor individual dan budaya, Hoselitz bergerak untuk mengkaji masalah yang lebih nyata yaitu lembaga politik dan sosial.

6.      Inkeles-Smith: Manusia Modern

       Inkeles-Smith menyatakan bahwa manusia sebagai faktor penting dalam penopang pembangunan. Karena itu mereka memberikan ciri-ciri manusia modern antara lain: keterbukaan terhadap terhadap pengalaman dan ide baru, berorientasu pada masa sekarang dan masa depan, punya kesanggupan merencanakan, percaya bahwa manusia bisa menguasai alam. 
Mereka berpendapat bahwa pendidikan merupakan lembaga yang paling efektif untuk mengubah manusia. Jika suatu Negara ingin modern dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, maka pendidikan harus diperhatikan lebih besar.

       Salah Satu teori ekonomi yang masih dipakai sampai sekarang adalah teori nya Harrod Domar:Tabungan dan Investasi. Hubungan antar pertumbuhan ekonomi, tabungan dan investasi kemudian dirumuskan oleh Harrod Domar.
ΔY = GNP ( Gross National Product )

ΔY = s
Y   k
Logika persamaan tersebut adalah agar bisa tumbuh dengan pesat maka setiap perkonomian haruslah menabung dan mengivestasikan sebanyak mugkin dari GNP nya, ksemakin banyak yang ditabung dan kemudian diinvestasikan, maka laju pertumbuhan ekonomi semakin cepat tumbuh.

Sekian...

Sumber : Jurnal Teguh Imam Rahayu.Pdf (Dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sultan Fatah Demak)

2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  2. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus

Artikel Stabilitas Sistem Keuangan

Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Perekonomian Suatu Negara M.QURRI AIN THOHARI (1505026031) FAKULTAS EKONOMI DAN ...